Perang Dunia Kedua

Kalau kemarin Hana udah bahas secuil tentang Perang Dunia Pertama (PDI) sekarang, hana akan bahas Perang Dunia Kedua. Perang Dunia Kedua ini ga kalah seremnya sama PDI. Yang namanya perang pasti serem ya ;") Korbannya pasti jiwa-jiwa yang tak bersalah.

Perang Dunia Kedua ini (PDII) dimulai sejak Jerman menginvasi Polandia pada tangggal 1 September 1939. Untuk pemeran utamanya sih, terbagi dua kubu juga, yaitu Blok Sekutu, yang terdiri dari Amerika Serikat, Inggris, Perancis dan Rusia dan kekuatan Axis yang terdiri dari tiga kekuatan besar Jerman, Italia di Afrika dan Eropa, serta Jepang di Pasifik.


Kalau sebelumnya di PDI, Asia ga terlalu berpengaruh gitu, disini Asia mulai menampakkan perannya. Terutama Jepang dan Tiongkok. Berbeda dengan kubu Eropa yang memang saling menjatuhkan wilayah di berbagai dunia, Jepang justru memilih untuk menjatuhkan negara-g=negara di sekitarnya, termasuk Asia Timur, Tiongkok. 



Tahun 1944, Sekutu Barat menyerbu Prancis, sementara Uni Soviet merebut kembali semua teritori yang pernah dicaplok dan menyerbu Jerman beserta sekutunya. Perang di Eropa berakhir dengan pendudukan Berlin oleh tentara Soviet dan Polandia dan penyerahan tanpa syarat Jerman pada tanggal 8 Mei 1945. Sepanjang 1944 dan 1945, Amerika Serikat mengalahkan Angkatan Laut Jepang dan menduduki beberapa pulau di Pasifik Barat, menjatuhkan bom atom di negara itu menjelang invasi ke kepulauan Jepang. Uni Soviet kemudian mengikuti melalui negosiasi dengan menyatakan perang terhadap Jepang. Kekaisaran Jepang menyerah pada tanggal 15 Agustus 1945, sehingga mengakhiri perang di Asia dan memperkuat kemenangan total Sekutu atas Poros.



Lantas bagaimana dengan akhir dari PD II? 



PD II diakhiri dengan kekalahan Jerman dan tewasnya Adolf Hitler. Menurut beberapa artikel lain. Adolf Hitler ini kalah karena salah strategi perang. FYI, Hitler ini orang yang paling berpengaruh di PDII. Bisa dibilang, dia ini pencetus sampai PDII bisa terjadi. Saking berperannya dia, PDII langsung berakhir ketika bawahannya tau ia tewas. Dia juga seorang pemimpin yang sangat otoriter. Tidak seorang pun bawahan yang berniat untuk menjatuhkan tahkta dia. Hitler ini bisa mencuci otak manusia dan memanipulasi keadaan. 



Lalu, bagaimana keadaan beberapa negara setelah PDII berakhir? 



Sekutu berhasil memenangkan perang dan mengambil alih Jerman dan Austria. Sekutu mendirikan pemerintahan pendudukan di Austria dan Jerman. Negara pertama menjadi negara netral dan tidak memihak dengan blok politik manapun. Negara terakhir dibelah menjadi zona pendudukan barat dan timur yang dikuasai Sekutu Barat dan Uni Soviet. Program denazifikasi di Jerman melibatkan pengadilan penjahat perang Nazi dan penggulingan mantan Nazi dari kekuasaan, meski kebijakan ini lebih condong ke amnesti dan reintegrasi mantan Nazi ke masyarakat Jerman Barat.

Jerman kehilangan seperempat wilayahnya sebelum perang (1937), wilayah timur: Silesia, Neumark dan sebagian besar Pomerania diambil alih Polandia; Prusia Timur dibagi antara Polandia dan Uni Soviet, diikuti dengan pengusiran 9 juta warga Jerman dari provinsi-provinsi tersebut, serta 3 juta warga Jerman dari Sudetenland di Cekoslowakia ke Jerman. Pada 1950-an, satu dari lima orang Jerman Barat adalah pengungsi dari timur. Uni Soviet juga menduduki provinsi milik Polandia di sebelah timur Garis Curzon (melibatkan pengusiran 2 juta warga Polandia), Rumania Timur, dan sebagian Finlandia timur, serta tiga negara Baltik.


Demi mempertahankan perdamaian, Sekutu mendirikan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang resmi berdiri tanggal 24 Oktober 1945, dan mengadopsi Deklarasi Universal Hak-Hak Asasi Manusia tahun 1948 sebagai standar umum bagi semua negara anggotanya. Kekuatan-kekuatan besar yang menjadi pemenang perang—Amerika Serikat, Uni Soviet, Tiongkok, Britania Raya, dan Prancis—menjadi anggota tetap Dewan Keamanan PBB. Kelima anggota tetap ini masih ada sampai sekarang, meski terjadi perubahan dua kursi, antara Republik Tiongkok dan Republik Rakyat Tiongkok tahun 1971, dan antara Uni Soviet dan negara penggantinya, Federasi Rusia, setelah pembubaran Uni Soviet. Aliansi antara Sekutu Barat dan Uni Soviet mulai memburuk, bahkan sejak sebelum perang berakhir.
]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar