Histrionik - Alphabet Hana's Psyche

Gangguan kepribadian histrionik adalah salah satu dari sekelompok kondisi gangguan kepribadian kelompok ‘Cluster B’ atau gangguan kepribadian dramatis. Orang dengan gangguan ini memiliki emosi yang tidak stabil dan selalu mencari perhatian. Sebagai tambahan, perilaku seorang histrionik yang suka mendramatisasi situasi dapat merusak hubungannya dengan orang lain dan berakibat pada depresi. Seorang histrionik memiliki kendala untuk menyeimbangkan keinginan kuat atas perhatian dan kelekatan dengan realitas situasi hubungannya.

Penyebab Gangguan Kepribadian Histrionik


Penyebab pasti dari gangguan kepribadian histrionik belum diketahui dengan pasti. Tetapi banyak profesional kesehatan percaya bahwa faktor genetik memainkan peran dalam perkembangannya.

Selain itu, faktor lingkungan juga mungkin terlibat seperti kurangnya kritik, hukuman, nasihat positif dari orang tua, dan perhatian yang berlebihan pada anak. Gangguan kepribadian biasanya berkembang pada individu yang temperamen dan orang-orang dewasa yang sedang belajar mengelola stres.

Setidaknya lima dari beberapa ciri di bawah ini harus dipenuhi untuk menyatakan seseorang memiliki gangguan kepribadian histrionik. Ciri-ciri tersebut meliputi:

- Merasa tidak nyaman ketika dirinya tidak menjadi pusat perhatian
Hal ini menyebabkan dirinya berusaha untuk terus mencari perhatian dan pengakuan secara kontinu. Seringkali, ia memanfaatkan penampilan fisik untuk menarik perhatian.

- Ketika berinteraksi dengan orang lain sering ditambahi dengan perilaku seksual yang menggoda yang tidak sesuai atau tindakan provokatif
Seorang histrionik cenderung memakai pakaian yang terkesan menggoda orang lain secara seksual. Ia seperti ingin memamerkan apa yang menonjol dari dirinya terhadap orang lain.

- Memiliki keadaan emosi yang mudah berubah dan sempit
Keadaan emosi yang seperti ini membuat seorang histrionik memiliki toleransi yang rendah terhadap frustrasi. Ia juga dapat mengancam atau mencoba untuk melakukan bunuh diri.

- Memiliki gaya berbicara yang impresif namun kurang detail
Seorang histrionik mampu memanipulasi skenario cerita dan membuat orang lain percaya akan cerita tersebut. Akan tetapi, bila diperhatikan lebih seksama, ada kejanggalan dalam skenario yang dibuatnya. Hal-hal yang kurang detail yang terkesan membuat aneh dengan cerita yang diberikan.

- Menampilkan dramatisasi diri, sandiwara, dan ekspresi emosi yang berlebihan
Ia sering bertingkah sangat dramatis dan penuh sandiwara, seolah-olah dalam pertunjukan yang tetap. Ia bisa membohongi orang lain bahwa dirinya terkena sakit secara fisik ataupun mental untuk menarik perhatian.

- Menganggap hubungan yang ada lebih intim daripada sebenarnya
Keinginan untuk terus diperhatikan bagi seorang histrionik membuat dirinya mengganggap hubungan yang ada bersifat sangat dekat. Padahal, belum tentu begitu kenyataannya. Bisa saja malah orang terdekatnya merasa lelah dan ingin menjauh dari dirinya. Oleh karena itu, sesungguhnya dirinya membutuhkan pengakuan, perhatian, penguatan, dan kasih sayang yang membenarkan bahwa dirinya berharga.

- Mudah dipengaruhi orang lain atau keadaan
Ia lebih sering memutuskan sesuatu secara terburu-buru tanpa mementingkan logika terlebih dahulu. Hal ini menyebabkan jawaban yang diberikan oleh dirinya bisa berubah-ubah. Sekarang bisa saja berkata A, namun di lain waktu menjadi berkata B.

Saran Menghadapi Seorang Histrionik


Berikut beberapa saran yang dapat digunakan untuk menghadapi seorang histrionik:



  • “Kamu terlihat baik hari ini”. Pernyataan tersebut adalah cara aman untuk memberi perhatian yang dibutuhkan tanpa memperhatikan secara spesifik pakaian mereka. Ingatlah bahwa mereka berpakaian secara provokatif dengan sengaja, sehingga jangan berlebihan dalam memberikan pujian.
  • Biarkan mereka menjadi pusat perhatian dalam jangka waktu tertentu. Dengan membiarkannya dalam beberapa waktu, kita dapat mengeluarkan dirinya dari lingkaran pertunjukan mencari perhatiannya. Setelah itu, ia cenderung akan berbagi perhatian dengan orang lain.
  • Kurangi konflik ketika mereka ada di dekat kita atau mereka akan jatuh. Mereka bukan pejuang yang hebat meskipun sering ingin terlihat di depan. Mereka sesungguhnya memiliki keadaan emosi yang tidak stabil. Selain itu, mereka juga memiliki daya tahan yang rendah terhadap permasalahannya.
  • Jangan terlibat dalam momen dramatis mereka. Sebaliknya, buatlah batasan yang tegas dengan mereka.
  • Jangan ikut emosional.  Hal ini disebabkan mereka seperti memiliki indra keenam tentang emosi dan akan bermain di dalamnya.
  • Berhati-hatilah karena mereka suka membuat keputusan yang terburu-buru. Mungkin saja sekarang berkata setuju, tetapi nantinya tidak dilakukan.
  • Jadi, apa kalian sudah lebih memahami tentang gangguan kepribadian histrionik? Mungkin saja beberapa ciri di atas pernah kamu alami atau melihat ada pada orang lain. Meskipun begitu, bukan berarti kamu bisa langsung mengambil kesimpulan begitu saja. Temui para ahli untuk mengetahuinya lebih lanjut agar kamu bisa lebih yakin.


Pengobatan Gangguan Kepribadian Histrionik


Secara umum, orang-orang dengan gangguan kepribadian histrionik tidak percaya bahwa mereka membutuhkan terapi. Mereka juga cenderung membesar-besarkan perasaan mereka dan tidak menyukai rutinitas—di mana pengobatan adalah sesuatu yang sulit dilakukan untuk seseorang dengan gangguan kepribadian ini.


Mereka yang mengalami gangguan kepribadian histronik baru akan mencari bantuan saat terjadi depresi atau masalah-masalah lain yang menyebabkan mereka tertekan.

Psikoterapi (sejenis konseling) adalah pengobatan pilihan yang dipilih untuk mengatasi gangguan kepribadian ini. Tujuan pengobatan adalah untuk membantu penderita memberi motivasi dan memulihkan ketakutan terkait dengan pikiran dan perilakunya. Selain itu,  pengobatan ini juga dipercaya membantu mereka belajar berhubungan dengan orang lain dengan cara yang lebih positif.

Sementara, penggunaan obat kadang-kadang digunakan sebagai pengobatan tambahan untuk meringankan gejala yang mungkin terjadi, seperti depresi dan kecemasan.

Pencegahan Gangguan Kepribadian Histrionik


Meskipun pencegahan gangguan kepribadian histrionik tidak mungkin dilakukan, pengobatan seperti konseling dan edukasi dapat memungkinkan orang yang rentan terhadap gangguan ini untuk mempelajari cara-cara yang lebih produktif  dalam menangani gejala yang muncul.



KLIK DISINI
KLIK DISINI 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar