Pengalaman Nulis Cerita di Wattpad

Hayoo disini siapa yang suka baca fanfiction? Atau kumpulan orang-orang yang suka baca cerita tapi bukan di buku? Kalau kalian termasuk kedua golongan yang hana bilang tadi, otomatis kalian pasti tau aplikasi Wattpad :)

Wattpad itu apasih? Jadi, wattpad itu aplikasi e-book dimana si Penulis bisa langsung ngetik,edit tulisannya di dalam aplikasi. Dan bagusnya, sekarang wattpad udah nerapin koin gitu, jadi ga menutup kemungkinan kalau penulis bakalan dapet komisi, meski sejujurnya Hana sendiri gatau sistemnya Wattpad sekarang itu kaya gimana ;") .

Jadi, sewaktu Hana masih duduk di bangku sekolah, Hana emang udah suka banget yang namaya nulis, terutama cerpen. Hana suka aja gitu nuangin isi pikiran Hana lewat tulisan, kaya sekarang ;').
Dulu sih, cerita Hana ga setenar yang lain, cuma berhasil meraih 10k pembaca. Tapi Hana udah bersyukur, setelah itu memutuskan untuk menghapus akun karena udah stuck :'v .

Bagaimana ceritanya bisa mencapai 10k? Sini Hana ceritain.

Hana dulu bisa disebut sebagai author salah satu fanfiction yang ship idol grup. Ship ini punya grup atau komunitas sendiri , dimana didalamnya ada author dan ada juga reader. Jadi tempatnya kaya saling sharing masalah FanFic gitu sekalian tempat ngehalu gitu :). Awalnya sih emang pembacanya dikit banget, untuk bisa nyampe ribuan itu butuh waktu berbulan-bulan. Selain itu kalian juga harus rajin rajin share story gitu. Nah tapi sayangnya kebiasaan Hana yang jelek itu yah buat story, setengah kerangka jadi doang. Jadi, suka stuck ditengah jalan :") . Stuck itu kalo kalian tiba-tiba kehabisan ide, dan memilih untuk discontinued story kalian ;'( .

Selain itu, kalian juga harus nambah relasi kalian ke author-author sejenis kalian gitu. Kalian bisa saling share story, biar pembaca mereka juga baca cerita kalian. Kalian juga baca-baca cerita mereka, dan jangan lupa di komen. Komen di story itu asli vitamin banget buat authornya, kadang juga tekanan sih hehe. Apalagi mereka yang suka komen nextnya kapan?

Oh iya,kalau mau jadi author yang sukses sih, buat cerita kalian punya jadwal publish gitu. Misal, seminggu 3 kali, senin, rabu dan jum'at. Gunakan juga bahasa baku biar lebih di senter penerbit. Aku gak bilang sih kalo bahasa non-baku itu gabakalan disenter. Cuma, kadang penerbit itu lebih seneng ketika kalian gunakan bahasa baku. Why? kok bisa gitu? Ya karena lebih mudah di koreksi :) . Apalagi kalau EYD,PUEBInya udah mantep. Namun biasanya, bahasa yang terlalu baku juga kurang dipahami dengan orang awam gitu :) .

Kalau kalian juga mau buat story, usahakan storynya jangan yang terlalu biasa. Apalagi dengan judul yang terlalu mainstream. Atau make judul yang orang susah nyebutnya. Mereka bakalan bingung kalau mau promosiin ke temen-temen mereka.

Dulu, ciri khasnya Hana itu buat Judul yang sekali dibaca, orang bisa berimajinasi. Hana sengaja suka buat orang mikir yang otomatis dia akhirnya penasaran, dan mau baca. Semisal nih, dulu Hana pernah buat cerita "Turtle" . Maknanya itu ada seseorang yang terjebak dengan pemikirannya sendiri, sampe dia kaya udah ga bisa keluar dari bayang-bayang yang dia ciptain sendiri :D

Ada baiknya sih kalau kalian ga buat cerita yang genrenya NC gitu. Soalnya itu bisa ngerusak otak anak dibawah umur. Sampai saat ini wattpad belum melakukan pengamanan terhadap genre-genre cerita. Belum kaya YT gitu :3 . Mana anak sekarang pada bandel-bandel kan ya, bisa ngepalsuin tanggal lahir.

Jadi author wattpad itu bisa dibilang suatu kerjaan sih. Yang harus kalian luangin waktu disana untuk nyelesaiin story yang udah kalian buat. Kunci jadi penulis itu sebenarnya cuma rajin baca. Jadi kalian bisa tau ada berapa banyak gaya tulisan sebelum nemu gaya tulisan kalian snediri.Segini dulu ya ^^ nanti Hanan balik lagi, Bye :)

klik disini








Tidak ada komentar:

Posting Komentar