Cara Untuk Mengatur Keuangan Bagi Pemula

Annyeong! Hana balik lagii . Kali ini Hana akan ngebahas gimana cara Hana untuk mengatur keuangan.

1. Prioritaskan kebutuhan, bukan keinginan. 
Banyak orang yang selama ini salah dalam mengatur keuangan karena lebih mementingkan keinginan dibanding kebutuhan hidup. Semisal, kalian habis gajian, pasti sering kelalapan beli ini itu yang belum tentu bener-bener dibutuhin.

2. Pisahkan Uang. 
Untuk kalian yang baru aja gajian, kalian harus memiliki lebih dari satu tempat penyimpanan uang. Kalau Hana pribadi punya 2 dompet dan satu amplop. Dompet pertama isinya buat jajan kebutuhan hidup yang bener-bener dibutuhkan, kaya makan atau shampoo dan sabun. Dompet kedua buat jajan barang yang dipengenin. Kalian juga harus tetep beli barang yang dipengen. Itu baik buat nambah semangat kerja kalian. Tapi, tentu saja, yang utama harus di prioritaskan ya :) . Nah, buat amplop sendiri , itu simpanan untuk tabungan atau pengeluaran tak terduga. Kalian harus selalu siapin dana buat yang satu ini ya :) 

3. Jangan bergaul dengan mereka yang boros. Bergaul yang Hana maksud disini ukan berarti ga boleh temenan ya. Temen boleh, jalan bareng jangan terlalu sering. Takutnya kalian nanti malah terpengaruh sama mereka :) 

Sekian dulu sih, tips dari Hana ya :) Kalau kalian ada tips lain, boleh share di komen ya, atau klik foto dibawah ini :) 


silahkan di klik ya :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar