Cara Buat Paspor Bagi Pemula

klik disini

Disini ada yang rencana liburan keluar negeri gak? Kalian pasti tau salah satu syarat liburan keluar negeri itu ya Paspor. Nah, buat kalian yang ga punya paspor apalagi ga pernah ke kantor migrasi, pasti bakalan bingung kan? kalau ngga, ya gapapa sih hehe //Cringe.

Kali ini Hana akan ngeshare pengalaman Hana pribadi pas buat paspor. Sejak tahun 2018, Pemerintah Indonesia udah mewajibkan calon-calon pemilik Paspor untuk registrasi awal di aplikasi Imigrasi Indonesia. Untuk registrasi awalnya, kalian cukup isi data kependudukan aja. Sebenarnya, step by step ini gampang kok kalo kalian mau ngebaca hehe.

Step kedua kalo kalian udah registrasi online, pasti bakalan muncul jadwal kalian. Datang ke kantor migrasi sesuai jadwal kalian dan jangan lupa kalian harus bawa Akta Lahir, KTP, KK dan Materai 6000. Di Kantor migrasi, kalian harus resistrasi ulang ke petugasnya dan bakalan dikasih formulir. 
kalian isi formulirnya sesuai data kalian yang benar, setelah itu balikin ke petugasnya biat dikasih map dan antri ke bagian pengecekan berkas. FYI, untuk semua berkas harus dibawa asli dan fotokopiannya. Fotokopiannya harus ukuran kertas A4. Jadi fotokopi KTP kalian gak boleh dipotong ya :)

Step ketiga kalian harus antri di pengecekan berkas. Nomor antriannya tertera di map kalian. Tapi kebijakan Kantor Imigrasi tiap kota berdea-beda sih. kalian tunggu sampai nomor kalian dipanggil. Pelayanan Kantor Imigrasi sih menurut Hana bagus ya, cuma ya kalian emang harus sabar ngantri hehe. Dibagian ini kalian bakalan ditanya tanya dikit masalah tujuan kalian buat paspor. Tapi singkat sih nanya nya.Kalau udah selesai, kalian akan dikasih nomor antrian buat proses paspornya.

Step Keempat kalian masuk ke proses pembuatan paspor. Menurut Hana, ini sih step paling susah. Kalian ga boleh boong sama sekali apalagi kalo kalian gabisa akting. Soalnya banyak yang udah lolos berbagai step, tapi gagal wawancara, jadi prosesnya di perhambat atau bahkan ditolak sama sekali. Kan nyesek ya :( . Di tahap ini kaian bakalan ditanyain masalah tujuan keluar negeri ngapain? Mau liburan, kerja, umroh apa kuliah. Karena  Hana cuma pengen libuan, jadi ga terlalu ribet . Yang Hana tau kalo pengen Umroh atau Haji harus ada surat keterangan dari Department Agama sama bukti tiket dari Travel. Sekiranya ini beberapa pertanyaan yang ditanyain ke Hana kemaren :
1. Nama kamu siapa dan mau kemana?
2. Kesana buat apa dan bareng siapa?
3. Tiketnya udah ada belum? 
4. Disana nginap dimana?
5. Keluarga udah tau/izinin?
6. Berapa lama disana?
7. Kamu kegiatan sehari-harinya apa? (kalo mahasiswa atau pelajar, bawa kartunya ya)
8. Kesana bawa duit berapa?

Step Kelima, kalian bakalan di scan sidik jari sama foto. Abis itu bakalan dikasih kertas buat bayar. Bayarnya itu bisa transfer atau di kantor pos. Mobil kantor pos biasanya ada di Kantor Imigrasi, tapi jam 10 pagi keatas. Buat harganya sendiri, tergantung jumlah halaman sih, umumnya 48 halaman harganya Rp.350.000,- untu paspor biasa dan Rp.650.000,- untuk E-Pasport.

Kalau kalian masih dibawah 20 tahun, meski udah punya ktp, mereka bakalan tetap minta surat izin dari orang tua. Atau dateng ngurusnya sama orang tua aja :)

kalau udah bayar, kalian tinggal tunggu sekitar 3-7 hari kerja sesuai kata petugas migrasi. Dan tara!! Paspor kalian udah jadi deh ;) 

Sekian dulu yang Hana bisa share, Semoga bermanfaat ya :) 



Butuh dana untuk nambah uang traveling? klik foto dibawah aja :) 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar